5 NAMA PANGGILAN LAIN INDONESIA YANG WAJIB DI KETAHUI


Sebelum kita menggunakan sebutan "Indonesia" untuk negara tercinta kita ini, ternyata ada beberapa panggilan khusus yang dibuat oleh beberapa tokoh - tokoh masa lalu. Mau tau apa saja 5 panggilan unik untuk negara kita ini? Mari simak yang satu ini! 

1. Hindia 

Sebutan "Hindia" ini adalah ciptaan Herodotus, seorang ahli ilmu sejarah dari Yunani yang dikenal dengan Bapak Ilmu Sejarah. Nama Hindia ini baru dipergunakan untuk Indonesia  oleh Ptolomeus, seorang ahli ilmu bumi yang terkenal. Dan nama Hindia ini menjadi terkenal sesudah bangsa Portugis di bawah pimpinan Vasco da Gama yang mendapati kepulauan ini dengan menyusur sungai Indus, dalam tahun 1498 Masehi,



2. Nederlandsch Oost-Indie




Nama ini diberikan dan diciptakan oleh orang-orang Belanda sesudah mereka berkuasa di sini. Kemudian nama ini ditukar dengan “Nederlandsch Indie”. Seperti yang sudah diketahui, bangsa Belanda untuk pertama kalinya datang ke Indonesia dalam tahun 1596 di bawah pimpinan Cornelis de Houtman.




3. Insulinde

Nama ini diberikan oleh  Douwes Dekker / Multatuli di dalam bukunya Max Havelaar , kemudian nama ini dipopulerkan lagi oleh Professor P.J. Veth. Multatuli membuat nama baru ini,  karena ia jijik mendengar nama Nederlandsch Indie yang diberikan oleh Belanda itu. Adapun asal usul perkataan tersebut ialah berasal dari perkataan “Insulair”, “Insula” dan “Indus”. Insula dalam bahasa latin yang berarti pulau. Indusberarti Hindia, sedangkan Insilinde artinya pulau Hindia.



4. Nusantara



Nama ini ditemui dalam perpustakaan India Kuno, yang menyebut negeri ini Nusantara. Adapun Nusantara atau Dwipantara artinya pulau-pulau yang berada diantara benua-benua. Dalam kitab Negarakertagama disebutkan, bahwa Nusantara ialah pulau-pulau di luar tanah Jawa. Sedangkan dalam sejarah Melayu dipakai nama: Nusa Tamara. Nama inipun sesungguhnya berasal dari perkataan yang diucapkan Nusantara.



5. The Malay Archipelago







Nama ini diciptakan oleh Alfred Russel Wallace pada sekitar tahun 1869, sesudah ia mengadakan perlawatan ke Indonesia, dari tahun 1854 sampai dengan 1682. Adapun “Malay"artinya Melayu, “Archipel” yang berasal dari bahasa Yunani “Archipelagus yang berarti menguasai laut atau berarti kumpulan pulau-pulau Melayu.


5 NAMA PANGGILAN LAIN INDONESIA YANG WAJIB DI KETAHUI

1 Response to "5 NAMA PANGGILAN LAIN INDONESIA YANG WAJIB DI KETAHUI"

Berkomentarlah yang baik. Jika ingin cari backlink silahkan berkomentar dengan name/url dan open id. Jangan taruh link di komentar. Bagi yang melanggar akan di hapus komentar nya. Terimakasih