Manfaat Musuh Bagi Kita

Musuh! Musuh adalah seseorang yang tidak sepadam dengan kita, yang selalu membuat hati kesal bila melihatnya. Sangat menjengkelkan. Ingin sekali menyakitinya, membuat dia tersiksa, agar dia jera dan tobat musuhan dengan kita. Tapi dibalik itu semua pasti ada hikmah dan manfaatnya. Dan ini ada beberapa Manfaat Musuh Bagi Kita.

Sebenarnya, banyak hal positif yang dapat diambil saat kita berada dalam posisi berhadapan dengan 'musuh'. Musuh itu menyimpan potensi-potensi yang bermanfaat bagi, antara lain sebagai berikut:

1. Jadi Motivator
Kita dapat memanfaatkan musuh sebagai motivator untuk menjadi lebih baik. Saat kita menyadari punya musuh, kita akan memperkuat diri. Kita ingin mempunyai nilai lebih dibanding musuh kita. Tidak mau dianggap remeh. Semakin kita menganggap hebat musuh kita, semakin kuatlah diri kita untuk menjadi lebih baik. asyik juga, ya? :)

2. Penunjuk Kelemahan
Musuh pasti bersemangat mengatakan semua kelemahan dan kekurangan kita. Misalnya musuh kita berkata, "Kamu pengecut. Beraninya omong di belakang. Jika berani, katakan, di sini coba!" diam-diam kita menyadari jika kita hanya berani omong di belakang saja. Dengan demikian, kita perlu berterima kasih kepadanya.

3. Uji Mental
Teman cenderung membuat kita nyaman dan tak ada tantangan. Lain dengan posisi musuh yang membuat kesiapan mental kita lebih tinggi. Lewat musuh, kita dapat menguji kemampuan mengendalikan emosi. Kita juga belajar bersikap tepat dalam situasi sulit serta pandai mengelola diri supaya tidak terjebak dalam bad mood.

4. Mengasah Logika
Bersama teman yang seiring sejalan, kita akan menjadi subjektif menilai sesuatu atau diri sendiri. Dengan adanya musuh, minimal kita dipaksa untuk menilai sesuatu dari sudut pandang dan kepentingan yang berbeda. Kita terpaksa mengasah otak, mencari argumen yang tepat dan mencari pembenaran yang tidak asal menang saja. Dengan begitu, wawasan kita semakin luas dan lebih kritis.

5. Jurus Andalan Menghadapi Musuh
Supaya mendapatkan manfaat dari musuh, kita perlu jeli dan punya strategi yang tepat. Ini jurus-jurus andalannya. Jika dalam posisi tanding, kita dapat melihat pola-pola serangan musuh. Jika terdesak, kita jadi sadar bahwa kita masih punya titik-titik lemah. denagn begitu, kita dapat mengurangi titik lemah tadi. Jika dalam posisi konflik, usahakan untuk mengendalikan diri. Jangan sampai pikiran kita dibuat buntu oleh emosi. Dengan begitu, kita dapat mengukur perkembangan daya tahan mental kita.
Banyak kan keuntungan yang dapat disedot dari musuh kita. Oleh karena itu, rugi sekali jika kita hanya memikirkan sisi negatifnya saja saat kita punya musuh. Iya kan? :)


Manfaat Musuh Bagi Kita

0 Response to "Manfaat Musuh Bagi Kita"

Berkomentarlah yang baik. Jika ingin cari backlink silahkan berkomentar dengan name/url dan open id. Jangan taruh link di komentar. Bagi yang melanggar akan di hapus komentar nya. Terimakasih