Foto Penampakan Aksi Heartbleed di Yahoo.com

Ini Penampakan Aksi Heartbleed di Yahoo.com (Foto)

Heartbleed telah beraksi selama lebih dari dua tahun tetapi para ahli security baru mengetahuinya pekan ini. Temuan itu sekaligus mengguncang dunia maya, terutama para pemilik layanan besar seperti Yahoo dan Facebook.

Heartbleed dianggap sangat menakutkan karena mampu menerobos sebuah software populer, OpenSSL, yang bertugas melindungi informasi sensitif, seperti password dan kartu kredit. Perlu Anda tahu bahwa sebagian besar web memang menggunakan OpenSSL karena kemampuannya mengenkripsi data yang berlalu-lalang di internet. Sebagai contoh, ketika Anda mengetikkan password di komputer maka OpenSSL akan menerjemahkannya menjadi sebuah kode rahasia. Selanjutnya web akan menggunakan kunci untuk mengurai password tersebut sehingga bisa terbaca dan Andapun bisa login ke akun Anda.

Yang menjadi masalah, OpenSSL memiliki celah security yang memungkinkan hacker mengambil informasi terenkripsi (password Anda, dll) untuk kemudian bisa dibaca dengan mata telanjang sebagai teks biasa. Heartbleed mengambil informasi tersebut dari memory komputer dan mengakali server sehingga bisa mengirim informasi ke hacker.

Dalam screenshot di bawah ini bisa Anda lihat penampakan Heartbleed yang berlalu-lalang di internet. Screenshot ini di-tweet oleh peneliti security Mark Loman pada hari Selasa lalu (8 Apr). Yang mengejutkan, bug ini ia temui di Yahoo.com. Menanggapi temuan Heartbleed, Yahoo mengatakan langsung melakukan pembenahan untuk melindungi data user.

Penampakan seperti inilah yang sampai di tangan seorang hacker, tanpa highlight biru, yang menunjukkan aksi Heartbleed di Yahoo.com. Di blok warna merah, itulah password milik user yang bisa dengan mudah dibaca, seperti diungkap oleh Krishna Narayanaswamy, pimpinan ahli security dari Netskope:
“Di sisi kiri Anda melihat data yang dikirim ke jaringan. Data tersebut ditulis dalam kode ASCII. Di sisi kanan adalah data yang ditransformasi ke karakter alfabet yang bisa dibaca oleh manusia.”
Bukan hanya Yahoo, ada sedikitnya 15 situs besar dengan jutaan user yang didapati terancam Heartbleed. Apakah Anda memiliki akun di salah satu situs tersebut? Silakan cek di sini.


Foto Penampakan Aksi Heartbleed di Yahoo.com

1 Response to "Foto Penampakan Aksi Heartbleed di Yahoo.com"

Berkomentarlah yang baik. Jika ingin cari backlink silahkan berkomentar dengan name/url dan open id. Jangan taruh link di komentar. Bagi yang melanggar akan di hapus komentar nya. Terimakasih